DesaIn PembeLajaraN

Program Pelatihan untuk Guru

Tujuan Pelatihan
1. Untuk membantu guru-guru agar mempunyai kontribusi lebih baik dan metode belajar mengajar yang lebih orisinil dengan perencanaan aktivitas belajar dan merencanakan metode mengajar dengan menggunakan teknologi informasi, serta untuk meningkatkan ketrampilan keahlian mereka dan kemampuan menggunakan informasi dan komunikasi untuk mengikuti perkembangan teknologi pendidikan.
2. Untuk memberikan pelatihan yang bebas dari keterbatasan waktu dan ruang, sehingga mengurangi ketertinggalan pelajaran yang salah satu problemnya adalah kehadiran pelatihan, peningkatan kesempatan pelatihan, dan penghematan untuk pembayaran biaya kursus.
3. Untuk mengurangi pengeluaran yang dibayar oleh peserta (guru), mengatasi banyaknya permintaan, dan membentuk sistem pelatihan di mana guru-guru berpartisipasi secara sukarela.
Tujuan masing-masing kursus dan kurikulum
Membuat Data WBI
- membuat program belajar mengajar dengan menggunakan Web Editor.
- membuat program belajar tentang homepage sekolah dan penerapannya pada kuliah
- menggunakan Internet
- mendesain dengan menggunakan program
Namo Web Editor.
- membuat grafik dengan menggunakan Photoshop.
- mengedit dan menghasilkan animasi dan grafik yang digunakan pada web.
- Basic Flash dan Java Script
Pemrograman dengan Java Web
- membentuk homepage dengan menggunakan program Java
- membuat program belajar dengan menggunakan program Java
- Penggunaan ICT untuk pendidikan dan Internet
- membentuk dan mengaplikasikan isi program Java
Belajar dengan menggunakan ICT
- mencari dan mempelajari metode belajar-mengajar dengan menggunakan ICT
- meningkatkan pengetahuan tentang informasi sekolah
- menggunakan Internet
- mendesain dan menghasilkan belajar berbasis web
Proses pelatihan on-line untuk guru
1. Siswa diminta untuk membentuk kelompok sesuai dengan level mereka dan melakukan akses ke papan pesan (message board) dan diskusi melalui chatting untuk belajar kerja sama.
2. Materi perkuliahan akan dimuat satu hari sebelum kuliah pada homepage yang berkaitan yang terdiri dari dokumen Word Process dan materi audio (GVA). Siswa akan belajar sendiri atau secara kelompok tentang materi yang diberikan.
3. Siswa akan mendapat kesempatan untuk mengakses secara penuh ke papan pesan dalam homepage yang berkaitan dengan pertanyaan yang mereka peroleh dan yang harus dijawab.
4. Kelas yang sesungguhnya memungkinkan siswa untuk merangkum perkuliahan dan mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang mereka angkat selama proses belajar melalui perkuliahan dengan menggunakan audio interaktif.
5. Siswa akan mendapatkan penilaian formatif seperti kuis sederhana yang diberikan setelah belajar.
Evaluasi pelatihan on-line untuk guru
1. Evaluasi terdiri dari teori, praktek, dan tugas.
2. Dan evaluasi prestasi belajar ditambahkan untuk mengukur tingkat partisipasi murid dalam pelatihan maya jarak jauh dan prestasi tugas. Item evaluasi prestasi didesain untuk menganalisa secara komprehensif terhadap berbagai faktor kemampuan dan kerajinan murid termasuk banyaknya pertanyaan yang dijawab, partisipasi dalam kelas sesungguhnya, partisipasi dalam belajar kerja sama, penggunaan e-mail, dan pengumpulan tugas-tugas. Dengan bantuan analisis ini, manajer dapat memonitor semua hal yang dimasukkan dalam training jarak jauh yang sesungguhnya dan memberikan umpan balik kepada murid-murid yang jauh tertinggal. Murid juga mendapatkan keuntungan dari evaluasi ini sebagaimana mereka memonitor prestasi mereka yang sebenarnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TeoRi KomuNikaSi

6 Jurusan Paling Diminati Oleh Mahasiwa