Mengenal Model Desain Instruksional

Dalam pengelolaan pelatihan, pembelajaran dan pengembangan, salah satu bagian penting yang dapat membantu instruktur pelatihan maupun training specialist dalam pengelolaan pelatihan dan pembelajaran adalah dengan adanya disain Model Sistem Instruksional atau ISD (Instructional System Design) . Adanya model ini akan menjadi pedoman dalam membangun perangkat dan infrastruktur program pelatihan yang efektif, dinamis dan mendukung kinerja pelatihan itu sendiri.
Salah satu model yang paling sering digunakan adalah ADDIE model. Model ini menggunakan 5 tahap atau langkah pengembangan yakni :
  1. Analysis (analisa)
  2. Design (disain / perancangan)
  3. Development (pengembangan)
  4. Implementation (implementasi/eksekusi)
  5. Evaluation (evaluasi/ umpan balik)
Kebanyakan model instruksional yang lain, merupakan turunan atau variasi dari ADDIE model, seperti Dick & Carey dan Kemp Model. Meskipun demikian, model ADDIE paling sering digunakan, dan dengan menggunakan 5 langkah proses diatas, sudah mencakup keseluruhan proses pengembangan pelatihan. Yakni mulai dari pertanyaan ” Apa yang harus perlu dan butuh dipelajari” sampai dengan pertanyaan ” apakah mereka sudah mendapat dari apa yang mereka butuhkan” .
Dengan adanya model instruksional berdasarkan ADDIE ini, jelas sangat membantu pengembangan material dan program pelatihan yang tepat sasaran, efektif, maupun dinamis. Aplikasi teori SDM maupun perilaku seperti social learning, pembelajaran aktif (active learning), pembelajaran jarak jauh (distance learning), paham konstruktif (constructivism), aliran strength based (positive-based management), aliran perilaku manusia (behaviourism), maupun paham kognitif (cognitivism) akan sangat membantu pengembangan material pelatihan bagi instruktur maupun training specialist.
Mengenai apa itu tahap Analysis, Design, Development, Implementation maupun Evaluation , apa saja yang proses yang dilakukan dan mesti dimiliki dari setiap tahap proses model ADDIE ini, akan dijelaskan pada tulisan berikutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Jurusan Paling Diminati Oleh Mahasiwa

TeoRi KomuNikaSi