Tips Menghadapi Ujian Semester Bagi Mahasiswa

Apakah Ujiian Akhir Semester membuat kamu stres? Berikut adalah beberapa tips tentang cara untuk menghadapi ujian tersebut dengan lebih percaya diri.

Persiapan Sebelum Ujian

1. Mengetahui materi ujian dengan baik

Apabila kamu mengetahui materi yang dibahas dengan sangat baik, hal tersebut akan mengurangi stres kamu saat batas waktu ujian akan selesai.

2. Latihan

ni akan menjadi hal yang paling utama yang bisa membantu kamu. Jika Dosen kamu memberikan beberapa kemungkinan pertanyaan-pertanyaan atau biasa disebut 'kisi-kisi', pelajarilah hal-hal tersebut yang kemungkinan besar akan keluar pada saat ujian. Jika Dosen kamu tidak memberi 'kisi-kisi', kamu bisa bertanya sebelum pelajaran selesai atau mencari seseorang di kelas sebelum kamu dengan Dosen yang sama.

3. Mengerti materi ujian bukan menghapal.

Kamu harus bisa mengerti apa saja materi ujian dan bagaimana materi itu berhubungan satu dan yang lainnya. Karena jika kamu hanya menghapalkan materi, kamu bisa saja lupa di tengah-tengah ujian.

Saat Ujian

1. Ikuti Petunjuk

Baca pertanyaan dengan teliti, dan tanyakan langsung kepada Dosen atau pengawas ujian jika ada yang tidak kamu mengerti.

2. Pintar memilih Soal

Kerjakanlah soal yang menurutmu itu lebih mudah, jangan sampai waktu ujianmu habis karena kamu 'stuck' di salah satu soal yang menyulitkan.

3. Menulis jawaban secara garis besar dahulu

Sebelum Anda memulai esai, tulislah garis besarnya dahulu. Pastikan semua yang ada di dalam pertanyaan esai dijawab dalam garis besar yang sudah kamu buat.

4.Jawab secara singkat, padat, dan jelas

Kamu hanya perlu menjawab pertanyaan yang ditanyakan. Tidak perlu menulis kalimat pengantar karena itu hanya akan membuang waktu kamu.

5. Perbedaan dan Membandingkan

Jika kamu menemukan pertanyaan tentang "membandingkan dan perbedaan", pastikan untuk menjelaskan bagaimana hal-hal yang dimaksud adalah sama dan hal-hal yang dimaksud adalah berbeda. Hal ini sering menjadi suatu kesalahan yang dilakukan mahasiswa karena tidak teliti membaca soal.

6. Tetap memperhatikan waktu

Kamu harus tetap memperhatikan waktu selama ujian. Walaupun kamu serius dan fokus mengerjakan soal, tetapi jangan sampai kamu tidak memperhatikan dan ternyata waktu yang tersisa hanya tinggal beberapa menit lagi.

Menghadapi Situasi "Krisis"

1. Pikiran mendadak 'blank'

Jika kamu tiba-tiba merasa 'blank' seperti tidak ingat apapun, tidak ingat materi yang sudah dipelajari, coba pejamkan mata kamu sejenak dan tarik nafas dalam-dalam. Lalu mulai menulis apa yang ada dipikiran kamu tentang pertanyaan esay dan perlahan-lahan kamu akan ingat semuanya.

2. Jika kamu kehabisan waktu

Jika waktu ujian sudah habis dan masih ada yang belum terjawab, mungkin kamu bisa mengingat pertanyaan yang belum terjawab, dan menuliskan jawabannya di kertas selembar lalu diserahkan pada Dosen kamu saat itu juga. Dosen kamu mungkin bisa memberikan nilai lebih atas usaha kamu itu.

3.Tidak tahu jawabannya

Jika kamu dalam posisi ini, kamu hanya perlu rileks sejenak dengan memejamkan mata dan menarik nafas, dan mencoba untuk mengingat kembali materi yang sudah kamu pelajari. Atau setidaknya kamu pernah membaca hal yang berkaitan dengan pertanyaan tersebut. Ingat, jangan sampai mencontek ya! karena pekerjaan teman kamu itu belum tentu benar lho, jadi percaya aja sama diri kamu. ok!

http://collegeuniversity.suite101.com

sumber :

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TeoRi KomuNikaSi

6 Jurusan Paling Diminati Oleh Mahasiwa