Khasiat buah & tanaman

Khasiat Buah Melon


     

Anda pasti banyak yang belum tahu kahsiat dari buah melon yang Anda makan. Buah yang satu ini mengandung banyak khasiat yang luar biasa sebagai pencegah penyakit. Sekitar 95% daging buah melon mengandung air, sehingga bisa memberi rasa dingin dan efek yang menyejukkan. Karena mempunyai sifat menyegarkan, buah melon dapat meredakan rasa panas dalam perut. Buah melon banyak mengandung Vitamin A, B dan C serta mengandung protein, kalsium dan fosfor. Kandungan mineral pada buah melon bahkan mampu menghilangkan keasaman tubuh dan mempunyai sifat menyembuhkan sembelit. Keasaman tubuh perlu dihilangkan karena akan menggangu pencernaan, khususnya pada organ lambung.
Kandungan nutrisi buah melon adalah 15,00 mg kalsium; 25,00 mg fosfor; 0,5 mg besi; 34 mgVitamin C; 640 mg I.U Vitamin A; dan 0,03 mg Vitamin B1. Buah melon mengandung antikoagulan yang disebut dengan adenosine sehingga mampu menghentikan penggumpalan sel darah yang dapat memicu timbulnya penyakit stroke atau jantung. Sementara itu, kandungan karotenoid buah melon yang tinggi dapat mencegah kanker dan menurunkan resiko serangan kanker paru-paru karena merupakan senyawa utama penyerang penyakit kanker.
Buah melon mempunyai daya diuretik yang sangat baik sehingga bisa menyembuhkan penyakit ginjal dan penyakit eksim yang parah dan akut. Jika dikombinasikan dengan buah lemon, maka buah melon dapat menumpas penyakit asam urat. Jadi ada baiknya Anda mengkonsumsi buah melon sehari sekali secara rutin pada pagi hari.
Jadi kesimpulannya, manfaat buah melon bagi kesehatan tubuh kita adalah:
  1. Sebagai antikanker.
  2. Membantu sistem pembuangan dengan mencegah sembelit.
  3. Menurunkan resiko serangan penyakit jantung dan stroke.
  4. Mencegah penggumpalan darah.
  5. Menurunkan resiko penyakit ginjal.
  6. Menyembuhkan penyakit eksim.
  7. Mencegah dan menyembuhkan panas dalam


Khasiat Bengkoang

 
   Bengkoang ternyata memiliki khasiat sebagai obat. Kegunaan bengkuang antara lain untuk mengatasi penyakit kulit, demam, eksim, dan wasir. Bengkoang mulanya berasal dari Amerika tropika, kemudian menyebar ke seluruh daerah tropika lainnya.
Tanaman ini masuk ke Indonesia dari Manilamelalui Ambon pada abad ke-17. Sejak itu, bengkoang dibudidayakan di seluruh negeri.
Bengkoang merupakan tanaman terna merambat yang dibudidayakan terutama untuk mengambil umbinya. Daun tanaman ini majemuk, beranak daun tiga.
Bunganya tersusun dalam tandan yang panjangnya 15 sampai 25 centimeter. Buahnya berbulu halus, berbentuk polong yang berisi empaat sampai sembilan biji.
Umbi akarnya berwarna putih, berbentuk gasing, kulitnya mudah dikupas. Perbanyakan tanaman dilakukan dengan stek batang, umbi, maupun biji. Bengkoang banyak dibudidayakan di Jawa dan Maduraa, di dataran rendah.
Untuk memperoleh umbi yang baik bunga harus selalu dibuang. Setelah satu sampai tiga minggu ditanam, biji mulai berkecambah. Pada beberapa varietas seperti bengkoang gajaha, bengkoang sudah dapat dipanen ketika berusia empat sampai lima bulan.
Tetapi, ada yang dipanen sampai berusia tujuh bulan yaitu bengkoang badur. Umumnya, bengkoang dipanen ketika berumur enam sampai sebelas bulan.
Bengkoang bisa digunakan untuk pemakaian obat luar dan dalam. Untuk pemakaian luar, bengkoang secukupnya dihaluskan lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit. Pada pemakaian dalam, bengkuang dikupas kulitnya lalu dibuat masakan sesuai selera lalu dimakan.
Khasiat bengkoang
  • Mengatasi penyakit kulit. Bbiji bengkuang dan belerang (masing-masing secukupnya) dihaluskan lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit.
  • Jika mengidap diabetes. satu atau dua bengkuang diparut lalu disaring dan diminum setiap pagi dan malam hari.
  • Sebagai obat demam. umbi bengkuang dikupas kulitnya lalu dibuat manisan dan dimakan.
  • Mengatasi eksim. umbi bengkuang dikupas kulitnya dan dimakan secara langsung. Lakukan secara rutin empat kali seminggu.
  • Mengatasi wasir. satu buah bengkuang dijus lalu diminum tiap bangun tidur pagi.
Lulur Bengkoang
Bengkoang memiliki sifat kimiawi dan fermakologis yang manis, dingin, sejuk, sehingga memiliki khasiat mendinginkan kulit. Kandungan antiseptik dalam bengkoang mampu mengatasi gatal-gatal di kulit, selain itu lulur bengkoang juga mengencangkan kulit sehingga kekenyalannya dapat terjaga.
Kandungan kimia bengkoang adalah pachyrhizon, rotenon, vitamin B1 dan C. Campuran jeruk nipis dalam lulur bengkoang menyegarkan kulit, dan olive oil nya melembabkan(Pachyrrhizus erosus) dikenal baik oleh masyarakat kita. Umbi tanaman bengkoang biasa dimanfaatkan sebagai buah atau bagian dari beberapa jenis masakan. Umbi tersebut bisa dimakan segar, dibuat rujak, ataupun asinan. Bengkoang ternyata memiliki khasiat sebagai obat. Kegunaan bengkoang antara lain untuk mengatasi penyakit kulit, diabetes, demam, eksim, sariawan, dan wasir.
Lulur bengkoang berkhasiat untuk mencerahkan warna kulit sehingga tampak lebih putih/terang. Dengan lulur Bengkoang seluruh kulit mati akan terangkat bersama – sama dengan lulur Bengkoang ini
Cara pakai :
1. Bagian yang akan di beri lulur di olesi Message Oil yang berfungsi untuk mencegah gesekan / lecet pada kulit dan memberikan kelembutan pada proses peluluran. 
2. Campurkan lulur bubuk dengan air atau messeage oil 
3. Ratakan kesuluruh tubuh 
4. Diamkan 1-2 menit                                                                                                               
5. Kemudian gosok perlahan sampai kotoran pada kulit ikut terbawa bersama

Manfaat Gandum Untuk Kesehatan

Gandum memiliki kandungan serat yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit jantung koroner. Oatmeal memiliki serat alami yang daya serap air paling baik. Ia mengandung folic acid yang dapat mengurangi dan menyembuhkan penyakit jantung koroner. Oatmeal didapat dari biji gandum yang telah diolah. Biji gandum terdiri atas dua bagian. Bagian luar, sekam dan biji bagian dalam, yakni groat.
Selain itu, oat bran yang didapat dari lapisan terluar oat groat menjadi sumber terbaik serat yang dapat dicerna (soluble fibre). Serat pada oat bran dapat mengikat kolesterol dan mengeluarkannya dari tubuh. Peran inilah yang bisa membuat turunnya kolesterol dalam darah. Orang yang menderita obesitas bisa mengombinasikan oat dengan makanan rendah kolesterol danlemak. Oat juga baik dikonsumsi oleh orang yang mengidap diabetes.
Berdasarkan penelitian, gandum mengandung berbagai senyawa fitokimia, yakni senyawa dalam tanaman kimia dalam tanaman yang mempunyai pengaruh positif bagi kesehatan.
Ada beberapa senyawa fitokimia, yakni lignan. Estrogen tanaman (fitoestrogen) mampu menekan risiko penyakit jantung koroner dan telah terbukti bisa menekan pertumbuhan sel kanker pada binatang percobaan. Asam fitat pun dapat mengurangi kadar gula dalam bahan pangan yang sangat penting bagi penderita diabetes serta memberikan efek perlindungan terhadap risiko perkembangan sel kanker kolon (usus besar). Senyawa yang lain adalah saponin, fitosterol, squalen, orisanol, dan tokotrienol yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sementara senyawa fenol berperan sebagai antioksidan yang mampu mengikat ion-ion radikal bebas sehingga tidak berbahaya bagi tubuh. Meskipun memiliki banyak senyawa fitokimia, gandum merupakan makanan yang aman dari zat adiktif.
Menurut penelitian, 50 persen perempuan berusia lebih dari 20 tahun lalu memenuhi kebutuhan nutrisi esensial macam kalsium, folic acid, vitamin B6, vitamin A dan E, serta zat besi. Dengan mengonsumsi gandum, kebutuhan nutrisi tersebut bisa terpenuhi. Produk gandum tersebut bisa terpenuhi. Produk gandum khusus perempuan berbentuk sereal. Di dalamnya, terdapat vitamin A, D, kalsium yang berguna bagi kesehatan tulang, dan penambah energi berupa zat besi dan vitamin B, serta folic acid dan vitamin E.
Cara termudah untuk menyiapkan steel cut oats ialah dengan merendamnya semalaman. Sebelum tidur, didihkan 4 gelas air dalam panci dan tambahan satu gelas oatmeal. Aduk hingga benar-benar larut dan matikan apinya. Biarkan oatmeal dalam panci tertutup hingga pagi. Ketika akan disajikan, panaskan kembali oatmeal agar hangat. Anda juga bisa memanfaatkan food processor untuk menyiapkan gandum. Pisau-pisau di dalam food processor akan mengiris gandum. Atau bisa juga bisa dimasak dengan microwave. Campurkan setengah gelas steel cut oat dengan dua gelas air di dalam mangkuk yang bisa menampung delapan gelas air. Tutup mangkuknya dengan plastik pembungkus lalu masukkan ke dalam microwave. Panaskan selama lima menit. Aduk rata dan hangatkan kembali dalam microwave selama lima menit.

Khasiat Daun Mint

     Daun mint (Mentha Cordifolia) mempunyai aroma wangi dan cita rasa dingin menyegarkan. Aroma wangi dan semriwing daun mint disebabkan kandungan minyak asiri berupa minyak menthol. Daun ini mengandung vitamin C, provitamin A, fosfor, besi, kalsium dan potasium.
Daun mint dikenal sebagai penyegar napas, dan sering dapat dirasakan pada permen. Tak jarang, daun mint juga digunakan sebagai perasa dalam konsumsi lain, seperti minuman es, kue, bahkan lalap. Namun, siapa sangka, daun kecil nan wangi ini juga memiliki fungsi lain untuk tubuh kita. Ini di antaranya:
1.  Mengatasi Ketombe
Resep ini datang dari Resort Spa Lake Austin, Texas. Masukkan batang mint dan rosemary dalam 8 ons cuka apel, diamkan seminggu agar benar-benar keluar sarinya, lalu gunakan setelah keramas seperti menggunakan kondisioner. Mint akan meningkatkan sirkulasi di kulit kepala untuk mencegah ketombe, sementara cuka apelnya akan mengeringkan ketombe.
2.  Penghilang Sakit Perut
Kram perut bisa diatasi dengan segelas mint panas (tambahkan satu sendok teh daun mint segar ke dalam air panas). Mint membantu otot pencernaan untuk rileks dan mengatasi keram, demikian menurut Walt Coyle, MD, gastroenterology director di Scripps Medical Center, La Jolla, California.
3.  Penghilang Rasa Lapar
Menurut sebuah studi yang dilangsungkan di Wheel ing Jesuit University, West Virginia, mereka yang menghirup minyak esensial mint setiap 2 jam, berkurang konsumsi kalorinya hingga 23 persen ketimbang mereka yang tidak. Siapkan mint atau permen mint untuk membantu mengatasi rasa lapar. Namun, batasi konsumsi permennya.

Khasiat Merica Untuk Kesehatan

     Lada atau merica selama ini dikenal hanya sebatas bumbu dapur. Padahal dibalik itu merica memiliki khasiat sebagai obat. Beberapa penyakit yang bisa disembuhkannya antara lain asma, masuk angin, dan diare. Selain itu, hawa panas yang ditimbulkan tanaman dengan nama latin piper nigrum ini juga mampu membuat badan menjadi segar. Karena itulah, banyak orang yang memanfaatkannya sebagai obat pendongkrak stamina. Dengan mencampurkan bubuk lada atau merica dengan telur ayam kampung setengah matang.
Lada atau merica juga banyak digunakan sebagai obat pengusir hawa dingin. Biasanya dicampur pada kopi atau seduhan jahe. Minuman ini banyak digunakan didaerah berhawa dingin.
Sebagai obat asma, masuk angin, dan diare cara meraciknya sangat sederhana. Anda cukup mengambil satu sendok makan bubuk lada, kemudian seduh dengan dua gelas air panas. Aduk hingga rata dan biarkan sejenak sampai berubah jadi hangat atau suam-suam kuku. Minum obat ini dua kali sehari sampai penyakit asma, diare dan masuk angin anda sembuh.
Khusus bagi penderita asma, ramuan obat ini bisa dijadikan obat rutin, terutama di musim penghujan. Karena biasanya penyakit asma sering kumat ketika musim dingin.

Khasiat Bawang Merah




    Bawang merah (allium ascalonicum) berasal dari Asia Barat dan dibudidayakan di Mesir sejak 3500 SM. Tanaman ini merupakan tanaman semusim dengan umbi berlapis yang terbentuk dari lapisan-lapisan daun yang membesar dan bersatu. Akarnya berupa serabut dengan daun berbentuk silinder berrongga. Tanaman ini juga memiliki zat pengatur tumbuh alami berupa hormon auksin dan giberelin.
Bawang Merah diketahui banyak mengandung minyak asiri, sikloalilin, metilallin, dihidroallin, flavonglikosida, kuersetin, saponin, peptida, fitohormon, vitamin, dan zat pati. Dengan kandungannya tersebut, Bawang Merah berkhasiat untuk membantu mengatasi batuk,demamdiabetes, dan sebagai obat cacing.
Khasiat bawang merah untuk mengobati Berbagai penyakit diantaranya :
1.  Batuk
Bahan : Umbi bawang merah 4 gram, daun poko segar 4 gram, daun sembung segar 3 gram, herba pegagan segar 4 gram, buah adas 2 gram dan air 125 ml.
Cara pembuatan: Dipipis, dibuat infus atau pil. Cara pemakaian: Diminum sehari 1 kali, pagi hari 100 ml.
2.  Kencing Manis
Bahan : Umbi bawang merah (dirajang) 4 gram, buah buncis (dirajang) 15 gram, daun salam (dirajang) 10 helai dan air 120 ml.
Cara pembuatan: Dibuat infus. Cara pemakaian: Diminum sehari 1 kali 100 ml.
3.  Demam dan Perut Kembung pada Anak-anak
Bahan : Umbi bawang merah (potong tipis) secukupnya, minyak kelapa secukupnya, minyak kayu putih secukupnya.
Cara pembuatan: Diremas-remas. Cara pemakaian: Minyak tersebut dioleskan pada perut yang kembung, seluruh badan, kaki, dan tangan pada anak yang demam.

Khasiat Belimbing Wuluh


   Belimbing wuluh dapat tumbuh baik di tempat-tempat terbuka yang mempunyai ketinggian kurang dari 500 meter di atas permukaan air laut. Tumbuhan ini tingginya dapat mencapai lebih dari 10 meter dan mempunyai batang yang keras. Ada dua varitas dari tumbuhan belimbing wuluh yaitu yang menghasilkan buah berwarna hijau dan kuning muda atau sering pula dianggap berwarna putih. Batangnya tidak banyak memiliki cabang, sedang daunnya bersirip genap. Bunganya yang kecil-kecil menggantung berwarna merah atau keunguan dengan buah memanjang dan dalamnya berongga berbiji-biji. Daging buahnya banyak mengandung air yang berasa asam.
Khasiat buah belimbing wuluh diantaranya :
  • Siapkan 3 buah belimbing wuluh dan biji srigading 25 gr yang sudah dicuci bersih. Biji srigading ditumbuk halus. Masukkan ke dalam panci berisi 4 gelas air dan rebuslah bersama belimbing wuluh. Dinginkan lalu saring sebelum diminum. Cukup diminum 1 gelas sehari.
  • 3 buah belimbing diparut, peras airnya, diminum sekali sehari.
  • 3 buah belimbing wuluh dicuci lalu dipotong-potong seperlunya, direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, minum setelah makan pagi.
  • 10 buah belimbing wuluh, 1 jari rimpang kunyit, 1/4 genggam daun meniran, 3 jari labu air, 3 jari gula enau, dicuci dan dipotong-potong seperlunya, lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin disaring, minum. Sehari 3 x 3/4 gelas.
Obat batuk
  • Segenggam daun belimbing wuluh, segenggam bunga dan 2 buah belimbing, gula batu, rebus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah, saring, minum 2 kali sehari.
  • 25 kuntum bunga belimbing wuluh, 1 jari rimpang temu-giring, 1 jari kulit kayu manis, 1 jari rimpang kencur, 2 butir bawang merah, 1/4 genggam pegagan, 1/4 genggam daun saga, 1/4 genggam daun inggu, 1/4 genggam daun sendok, dicuci dan dipotong-potong seperlunya, direbus dengan 5 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin disaring, diminum dengan madu seperlunya. Sehari 3 kali 3/4 gelas.
  • 10 buah belimbing wuluh dicuci lalu ditumbuk halus-halus, diremas dengan 2 sendok makan air garam, lalu disaring. Minum, lakukan 2 kali sehari (batuk rejan).
Gondongan
  • 1/2 genggam daun belimbing wuluh ditumbuk dengan 3 bawang putih. Kompreskan pada bagian yang gondongan.
  • 10 ranting muda belimbing wuluh berikut daunnya dan 4 butir bawang merah setelah dicuci bersih lalu ditumbuk halus. Balurkan ketempat yang sakit.
Rematik
  • Segenggam daun belimbing wuluh dicuci, tumbuk sampai halus, tambahkan kapur sirih, gosokkan ke bagian yang sakit.
  • 100 gr daun muda belimbing wuluh, 10 biji cengkeh dan 15 biji merica dicuci lalu digiling halus, tambahkan cuka secukupnya sampai menjadi adonan seperti bubur. Oleskan adonan bubur tadi ketempat yang sakit.
  • 5 buah belimbing wuluh, 8 lembar daun kantil (Michelia champaca L.), 15 biji cengkeh, 15 butir lada hitam, dicuci lalu ditumbuk halus, diremas dengan 2 sendok makan air jeruk nipis dan 1 sendok makan minyak kayu putih. Dipakai untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit. Lakukan 2-3 kali sehari.
Sariawan
  • 10 kuntum bunga belimbing wuluh, asam jawa, gula aren direbus dengan 3 gelas air sampai airnya tinggal 3/4, saring, minum 2 kali sehari.
  • Segenggarn bunga belimbing wuluh, gula jawa secukupnya dan 1 cangkir air direbus sampai kental. Setelah dingin disaring, dipakai untuk membersihkan mulut dan mengoles sariawan.
Diabetes.
6 buah belimbing wuluh dilumatkan, direbus dengan 1 gelas air sampai airnya tinggal setengah, saring, minum 2 kali sehari
Menghilangkan Jerawat
Siapkan 3 buah belimbing wuluh segar. Cuci hingga bersih. Buah diparut dan diberi sedikit garam. Tempelkan pada kulit yang berjerawat. Lakukan 2 kali sehari.
Sakit gigi
5 buah belimbing wuluh setelah dicuci bersih, dikunyah dengan garam. Ulangi beberapa kali sampai hilang rasa sakitnya.
Pagel linu
1 genggam daun belimbing wuluh yang masih muda, 10 biji cengkeh, 15 biji lada, digiling halus lalu tambahkan cuka secukupnya. Lumurkan ketempat yang sakit
Panu
10 buah belimbing wuluh dicuci lalu digiling halus, tambahkan kapur sirih sebesar biji asam, diremas sampai rata. Ramuan ini dipakai untuk menggosok kulit yang terserang panu. Lakukan 2 kali sehari
Sakit gigi berlubang
5 buah belimbing wuluh dicuci bersih, makan dengan sedikit garam, kunyah ditempat gigi yang berlubang

Khasiat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan




     Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) termasuk salah satu jenis citrus Geruk. Biasanya jeruk nipis ditanam di pekarangan atau di kebun, dapat tumbuh pada tanah yang kurang subur, asalkan mudah meneruskan air dan mendapat sinar matahari penuh.
Air buahnya biasanya digunakan sebagai penyedap masakan, minuman, penyegar, bahan pembuat asam sitrat, membersihkan karat pada logam dan untuk membersihkan kulit yang kotor.
Khasiat jeruk nipis diantaranya adalah untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit seperti di bawah ini:
Amandel
  • Bahan : 1 buah jeruk nipis, 1 1/2 rimpang kunyit sebesar ibu jari diparut dan 2 sendok makan madu;
  • Cara membuat : jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kunyit diparut dan diperas untuk diambil airnya, kemudian dioplos dengan madu dengan ditambah 1/2 gelas air, diaduk sampai merata, dan disaring;
  • Cara menggunakan: diminum 2 hari sekali secara teratur.
Ambeien
  • Bahan: 2 – 4 potong akar jeruk nipis;
  • Cara membuat: direbus dengan 1 1/2 liter air sampai mendidih hingga tinggal 1 liter, kemudian disaring;
  • Cara menggunakan : diminum setiap sore secara teratur.
Sesak Nafas
  • Bahan: 1 buah jeruk nipis, 2 siung bawang merah, 1 butir telur ayam kampung, 1 sendok teh bubuk kopi, 1 potong gula batu,
  • Cara membuat: jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, bawang merah diparut kemudian dicampur dengan bahan lainnya dan diseduh dengan air panas secukupnya, diaduk sampai merata, kemudian disaring;
  • Cara menggunakan: diminum setelah makan pagi secara teratur.
Influenza
  • Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1/2 sendok minyak kayu putih, kapur sirih secukupnya;
  • Cara membuat: jeruk nipis dipanggang sejenak dan diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan bahannya dan diaduk sampai merata, dan disaring;
  • Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari secara teratur.
Perut mules pada waktu haid datang bulan
  • Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1 1/2 rimpang jahe sebesar ibu jari, 3 mata buah asam yang sudah masak, 1 potong gula kelapa;
  • Cara membuat : jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, jahe diparut, kemudian semua bahan tersebut dicampur dan diberi 3/4 gelas air masak dan disaring;
  • Cara menggunakan: diminum pada hari pertama haid.
Disentri
  • Bahan: 2 potong akar jeruk nipis;
  • Cara membuat: direbus dengan 2 1/2 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring;
  • Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari.
Perut mules
  • Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1 rimpang kunyit sebesar ibu jari;
  • Cara membuat: jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kunyit diparut dan diperas untuk diambil airnya, kemudian kedua bahan tersebut dicampur dengan 1/2 gelas air hangat sampai merata dan disaring;
  • Cara menggunakan: dibuat dan diminum 2 kali sehari.
Perut mual
  • Bahan: 1 buah jeruk nipis dan 1 potong gula aren
  • Cara membuat: jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan gula aren sampai merata, ditambah dengan 1 gelas air hangat dan disaring;
  • Cara menggunakan: diminum biasa.
Menghilangkan kelelahan
  • Bahan: 1 buah jeruk nipis, 2 rimpang jahe sebesar ibujari, 1/2 sendok teh bubuk merica, 1 sendok teh kopi;
  • Cara membuat: jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, jahe diparut dan diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan bahan lainnya sampai merata, ditambah 1 gelas air masak dan disaring;
  • Cara menggunakan: dibuat dan diminum 2 minggu sekali

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TeoRi KomuNikaSi

6 Jurusan Paling Diminati Oleh Mahasiwa